Minggu, 18 November 2012

Bagaimana pelangi itu bisa terbalik???

pelangi terbalik
Pemandangan itu tampak seperti pelangi yang terbalik, namun sebenarnya disebabkan oleh cahaya matahari melalui kristal es kecil di awan. Tidak seperti pelangi normal yang disebabkan hujan, fenomena ini merupakan hasil dari kondisi atmosfer yang aneh, biasa terlihat di luar Kutub Utara dan Selatan namun jarang terjadi.

Fenomena ini bisa dinikmati penduduk Cambridge, Inggris. Dengan mata telanjang sekalipun, mereka bisa melihat untaian pelangi yang bentuknya terbalik dari biasanya. Ilmuwan Inggris mengatakan bahwa itu dipengaruhi kondisi di lapisan atmosfer bumi. wahhh indah ya...??? :D

Seorang astronom Jacqueline Mitton berhasil mengabadikan fenomena ini. Mengungkapkan bahwa terbaliknya lengkung pelangi maupun susunan warnanya tersebut disebabkan tingginya kristal es yang terdapat di lapisan atmosfer. Nah, cahaya yang diterima kristal es tadi direfleksikan lagi ke langit.
Bentuk pelangi terbalik tersebut sangat langka terjadi. Pelangi istimewa itu melengkung ke atas sehingga bentuknya mirip simbol senyum warna-warni.

Warna pelangi terbalik itu tidak terlalu berbeda dengan pelangi biasa. Di bagian horizon berwarna merah. Lantas berpendar menjadi kuning dan hijau. Di bagian ujung berwarna biru.Warna pelangi terbalik itu tidak terlalu berbeda dengan pelangi biasa. Di bagian horizon berwarna merah. Lantas berpendar menjadi kuning dan hijau. Di bagian ujung berwarna biru. Dan menurut Simon, suami Mitton, warna pelangi yang terbalik itu lebih cerah disbanding pelangi biasanya, sebab bentuk kurvanya langsung menunjuk matahari

daftar pustaka 

9 komentar:

  1. ya sangat indah tapi proses mengapa bisa terbalik dan tidak itu bagaimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas... proses: tingginya kristal es di atmosfer yang terkena cahaya kemudian direfleksikan ke matahari dan kurva pelangi melengkung ke arah matahari.

      Hapus
  2. iya,kenapa kok bisa terbalik speerti itu??

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa karena terdapat krisatl es pada lapisan atmosfer yang berlebih, kemudain cahaya yang diterimanya di refleksikan ke langit sehingga kurva ppelangi nya melengkung ke arah matahari.

      Hapus
  3. keren banget pelanginya bisa senyum
    ohhhh..sayang g bisa dilihat di Indonesia....
    info baru ni buat saya, kalo tingginya kristal es yang terdapat di lapisan atmosfer yang menyebabkan pelangi terbalik. cahaya yang diterima kristal es tadi direfleksikan lagi ke langit.
    Bentuk pelangi terbalik tersebut sangat langka terjadi. Pelangi istimewa itu melengkung ke atas sehingga bentuknya mirip simbol senyum warna-warni.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya tepat sekali nur aini...:):)
      kalo ingin lihat pelangi terbalik di Indonesia ya mudah saja... km lihatnya sama jungkir balik... xixixi

      Hapus
  4. hmmmm,,
    baru tau ia ternyata ada juga pelangi itu terbalik

    apakah itu terjadi di inggris saja? di negara lain kemungkinan bisa atau tidak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa jadi.. tapi negara yang Berdekatan dengan kutub utara maupun selatan seperti Rusia dan MONGOLIA. karena pelangi terbalik itu terjadi akibat kristal es yang ada di atmosfer direfleksikan ke langit.

      Hapus
    2. oh ya,,, fenomena ini pernah terjadi di China tepatnya kota Layang..

      Hapus